dc.contributor.author |
Pertiwi, Hening |
|
dc.contributor.author |
Winarti, Atiek |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.date.accessioned |
2022-06-27T00:32:45Z |
|
dc.date.available |
2022-06-27T00:32:45Z |
|
dc.date.issued |
2017-10 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2550-0716 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN : 2086-7328 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24694 |
|
dc.description.abstract |
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi
pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk dalam
meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep pada
kelas eksperimen di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan
metode penelitian eksperimen tipe pretest-postest control group design. Sampel
penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai
kelas kontrol. Kelas kontrol belajar menggunakan metode konvensional,
sedangkan kelas eksperimen diberikan strategi pembelajaran kolaboratif
terintegrasi kecerdasan majemuk. Pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan non-tes berupa ovservasi dan angket kecerdasan majemuk. Teknik analisis
data menggunakan uji-t dan analisis deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk
efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman
konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. |
en_US |
dc.publisher |
Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 8 No 2;report |
|
dc.subject |
kolaboratif |
en_US |
dc.subject |
kecerdasan majemuk |
en_US |
dc.subject |
logika matematika |
en_US |
dc.subject |
pemahaman konsep |
en_US |
dc.subject |
kelarutan dan hasilkali kelarutan |
en_US |
dc.title |
Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Kecerdasan Majemuk dan Hubungannya dengan Kecerdasan Logika Matematika dan Pemahaman Konsep pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |