Abstract:
Penelitian tentang implementasi model pembelajaran ICARE (Introduction-ConnectApply-Reflect-Extend) terhadap keterampilan proses sains dibandingkan dengan model
pembelajaran DI (Direct Instruction). Penelitian ini merupakan eksperimen semu
dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X
MIPA SMAN 4 Banjarmasin dengan sampel sebanyak 2 kelas dipilih dengan cluster
random sampling, X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes uraian dan non tes
berupa observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh
thitung yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 0,05, yaitu 5,9 > 2,0 artinya
terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan model
pembelajaran ICARE dibandingkan dengan model pembelajaran DI. Peningkatan
keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai gain sebesar
0,61 berada pada kategori sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai gain
sebesar 0,40 berada pada kategori sedang.