Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Unit
Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan faktor apa
saja yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah pemustaka atau mahasiswa. Data yang digunakan
adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh
secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif yang memberikan gambaran mengenai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dapat dikatakan berkualitas, hal ini terlihat dari
indicator : Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap),
Assurance (Jaminan), Empahty (empati). Kendala yang dihadapi yaitu faktor Kurangnya Koleksi
Buku, Fasilitas Sarana dan Prasarana, Sumber Daya Manusia, Keterbatasan Anggaran.
Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin diharapkan dapat mengadakan koleksi buku, fasilitas
sarana prasarana, menambah jumlah tenaga teknis perpustakaan, dan melakukan skala prioritas dalam
hal anggaran.
KataKunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan