Abstract:
Pendidikan sosial dan finansial bagi anak usia dini memiliki arti tentang pembelajaran yang diberikan kepada anak usia
dini untuk menanamkan sikap dan pengetahuan pada anak untuk dapat mengetahui tentang nilai uang serta cara
mengelolanya. Sehingga dapat diartikan menanamkan sikap dan pengetahuan terhadap nilai uang dan kemampuan
mengelolanya dapat memberikan manfaat terhadap anak untuk hidup secara mandiri di kehidupan selanjutnya. maka anak
akan memiliki kemampuan untuk mengatur diri dan mengelola diri dengan baik. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui
pendidikan sosial dan finansial bagi anak usia dini 2) mengetahui penanaman pendidikan sosial dan finansial bagi anak
usia melalui metode proyek. Metode tinjauan Pustaka dimanfaatkan untuk menuliskan penelitian sebagai artikel yang utuh.
Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa teriga kemampuan yang penting dalam Pendidikan sosial-finansial untuk
dikembangkan pada pembelajaran PAUD, yaitu kemampuan hemat, menabung dan berbagi. Adapun implementasi metode
proyek dalam pembelajaran di PAUD, dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar anak dalam memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan anak. Adapun tahapan metode proyek yang uraikan dalam enam tahapan, yaitu:
tahapan penentuan kegiatan, perencanaan metode proyek, menyusun pelaksanaan metode, penyelesaian proyek,
penyampaian hasil kegiatan penyampaian hasil kegiatan dan recolling. Penerapan pendidikan sosial dan finansial melalui
metode proyek misalnya kunjungan lapangan dan pameran atau market day dan kegiatan rutin dan kegiatan terprogram
lainnya.
Kata Kunci: pendidikan sosial dan finansial, anak usia dini, metode proyek
Abstract
Social and financial education for early childhood has the meaning of learning given to early childhood to instill attitudes
and knowledge in children to know about the value of money and how to manage it. So that it can be interpreted, instilling
attitudes and knowledge about the value of money and the ability to manage it can provide benefits for children to live
independently in the next life. As a result, children will have the ability to self-regulate and manage themselves well. This
study aims to: 1) find out about social and financial education for early childhood 2) find out how to invest in social and
financial education for young children through the project method. The literature review method is used to write the
research as a complete article. The study results describe three important skills in socio-financial education to be
developed in PAUD learning, namely the ability to save, save and share. Implementing the project method in learning in
PAUD is intended to provide children's learning experiences in solving simple problems in children's lives. The stages of
the project method are described in six stages: the stage of determining the activity, planning the project method,
compiling the implementation of the method, completing the project, delivering the results of the activity, delivering the
results of the activity, and recalling. Implementation of social and financial education through project methods such as
field visits and exhibitions and other routine and programmed activities.
Keywords: social and financial education, early childhood, project method