Abstract:
ABSTRACT
Minimnya keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA menimbulkan pembelajaran dalam fisika menjadi sulit. Hal
ini disebabkan karena kurang memadainya perangkat pembelajaran yang digunakan. Solusi yang digunakan
dalam permasalahan ini adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang melatihkan KPS model
Direct Instruction(DI). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D)dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model DI untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA pada pokok bahasan gerak melingkar, dengan
subjek penelitian perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), materi ajar, LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik), dan THB (Tes Hasil Belajar). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan lembar THB. Uji cona dilaksanakan di SMAN 4 Banjarmasin.
Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran gerak melingkar dikategorikan valid, meliputi: RPP
kategori baik sebesar 3,20; materi ajar kategori baik sebesar 3,05; LKPD kategori baik sebesar 3,33; dan THB
kategori baik sebesar 3,25. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan RPP yang berkategori sangat praktis.
Perangkat pembelajaran dengan model Direct Instruction (DI) untuk melatihkan KPS termasuk efektif karena
hasil dari gain score diperoleh sebesar 0,33 yang berkategori sedang, dan KPS siswa berkategori sangat baik.
Ditarik kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran gerak melingkar layak untuk melatihkan KPS siswa SMA.
Dengan demikian, perangkat ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran
KEYWORDS
direct instruction; keterampilan proses sains; perangkat pembelajaran