Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA MATERI GERAK MELINGKAR

Show simple item record

dc.date.accessioned 2022-06-08T02:01:40Z
dc.date.available 2022-06-08T02:01:40Z
dc.date.issued 2022-04-26
dc.identifier.issn 2549-9955
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24373
dc.description.abstract ABSTRACT Minimnya keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA menimbulkan pembelajaran dalam fisika menjadi sulit. Hal ini disebabkan karena kurang memadainya perangkat pembelajaran yang digunakan. Solusi yang digunakan dalam permasalahan ini adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang melatihkan KPS model Direct Instruction(DI). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D)dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model DI untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA pada pokok bahasan gerak melingkar, dengan subjek penelitian perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), materi ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), dan THB (Tes Hasil Belajar). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan lembar THB. Uji cona dilaksanakan di SMAN 4 Banjarmasin. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran gerak melingkar dikategorikan valid, meliputi: RPP kategori baik sebesar 3,20; materi ajar kategori baik sebesar 3,05; LKPD kategori baik sebesar 3,33; dan THB kategori baik sebesar 3,25. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan RPP yang berkategori sangat praktis. Perangkat pembelajaran dengan model Direct Instruction (DI) untuk melatihkan KPS termasuk efektif karena hasil dari gain score diperoleh sebesar 0,33 yang berkategori sedang, dan KPS siswa berkategori sangat baik. Ditarik kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran gerak melingkar layak untuk melatihkan KPS siswa SMA. Dengan demikian, perangkat ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran KEYWORDS direct instruction; keterampilan proses sains; perangkat pembelajaran en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA MATERI GERAK MELINGKAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account