Abstract:
Peran pendidik dapat mengembangkan metode pengajaran dalam perkuliahan Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus agar mahasiswa memperoleh pengetahuan, pengalaman belajar, dan kemudahan akses melalui forum diskusi online selama Covid 19 PandemiK. Hipotesis penelitian ini adalah efektif dengan metode ajar secara online menggunakan Whatapps terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan ABK. Metode penelitian yaitu Quasi Experiment dengan subjek 32 mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, melalui pre tes dan pos tes. Teknik analisis data yaitu teknik uji t. Hasil penelitian dari data pretes dan postes dengan menggunakan paired sample t test diperoleh nilai thitung > ttabel (-8,745 < 2,042) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Selanjutnya nilai rata-rata tes awal sebesar 53,13 sedangkan nilai rata-rata tes akhir sebesar 76,09 artinya pembelajaran online menggunakan WhatApps tergolong cukup efektif pada mahasiswa saat mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan ABK.