Abstract:
Penelitian ini memberikan pemahanan terkait ketahanan usaha melalui modal sosial. Tujuan penelitian ini yakni mengkaji 1) pengaruh modal sosial dimensi Networking terhadap ketahanan usaha, 2) pengaruh modal sosial dimensi Trust terhadap ketahanan usaha, 3) pengaruh modal sosial dimensi Reciprocity terhadap ketahanan usaha, 4) pengaruh modal sosial dimensi Sharing Information terhadap ketahanan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah pedagang pasar terapung di kalimantan selatan. Data yang diperoleh dianalisa dengan bantuan Structural Equation Modelling –Partial Least Square (SEM-PLS) v. 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ketahanan usaha melalui modal sosial dimensi networking tidak secara langsung berpengaruh. Namun, networking diperlukan dalam perluasan aktivitas usaha para pedagang, 2) ketahanan usaha dapat melalui modal sosial dimensi Trust, dan 3) ketahanan dapat juga dilakukan melalui modal sosial dimensi Receprocity serta, 4) ketahanan usaha dapat melalui modal sosial dimensi sharing information. Implikasi penelitian dapat diketahui bahwa pedagang pasar terapung Kalimantan Selatan dalam mempertahankan usaha dapat melalui pemahaman terkait modal sosial.