Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh instrumen
untuk mengukur kemampuan representasi matematis yang valid dan reliabel. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Proses pengembangan
instrumen ini, di antaranya kajian literatur, perancangan instrumen, validitas teoritis,
validitas empirik, dan analisis data. Validitas teoritis dilakukan dengan dua cara, yaitu
instrumen dibaca terbatas oleh lima siswa yang telah memperlajari materi yang dipilih
dalam penelitian dan instrumen dibaca oleh ahli yang menjadi validator instrumen.
Validitas empirik dilakukan pada siswa SMP kelas 9 di Bandung. Penelitian ini telah
menghasilkan instrumen terdiri dari 3 butir yang valid dan reliabel untuk mengukur
kemampuan representasi matematis. Berdasarkan data empirik diperoleh data bahwa
koefisien reliabilitas instrumen kemampuan representasi matematis adalah 0,56 (lebih
dari 0,41) yang tergolong pada tingkat reliabilitas sedang. Ini artinya, instrumen tes
kemampuan representasi matematis tersebut valid dan reliabel, sehingga dapat
diklasifikasikan sebagai instrumen yang baik.