Repo Dosen ULM

Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Delsika Pramata
dc.contributor.author Darhim
dc.contributor.author Rosjanuardi, Rizky
dc.date.accessioned 2022-02-25T03:02:10Z
dc.date.available 2022-02-25T03:02:10Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.issn 2407-8530
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22885
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh instrumen untuk mengukur kemampuan representasi matematis yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Proses pengembangan instrumen ini, di antaranya kajian literatur, perancangan instrumen, validitas teoritis, validitas empirik, dan analisis data. Validitas teoritis dilakukan dengan dua cara, yaitu instrumen dibaca terbatas oleh lima siswa yang telah memperlajari materi yang dipilih dalam penelitian dan instrumen dibaca oleh ahli yang menjadi validator instrumen. Validitas empirik dilakukan pada siswa SMP kelas 9 di Bandung. Penelitian ini telah menghasilkan instrumen terdiri dari 3 butir yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan representasi matematis. Berdasarkan data empirik diperoleh data bahwa koefisien reliabilitas instrumen kemampuan representasi matematis adalah 0,56 (lebih dari 0,41) yang tergolong pada tingkat reliabilitas sedang. Ini artinya, instrumen tes kemampuan representasi matematis tersebut valid dan reliabel, sehingga dapat diklasifikasikan sebagai instrumen yang baik. en_US
dc.publisher PPPPTK Matematika Kemendikbud en_US
dc.relation.ispartofseries 4;7
dc.subject pengembangan, instrumen, kemampuan representasi matematis en_US
dc.title Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account