Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku siswa dalam
bentuk modul pada materi persamaan linear satu variabel dengan pendekatan
kontekstual dengan kriteria valid. Metode peneitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan dengan model pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel, and
Semmel, dengan 4 fase yaitu pendefinisian, pendesainan, pengembangan, dan
penyebaran produk. Penelitian ini terbatas sampai fase ketiga yaitu pengembangan,
tanpa penyebaran produk. Kriteria kevalidan buku siswa didasarkan pada penilaian
validitas oleh 5 orang ahli dalam bidang pendidikan matematika. Selain validitas,
respon siswa terhadap buku yang dikembangkan juga dinilai menggunakan kuesioner
yang diberikan kepada 6 orang siswa dengan kemampuan yang berbeda. Hasil
penilaian validitas oleh validator menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan valid
dan berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwa buku yang dikembangkan menda-
patkan respon positif dari siswa.