Abstract:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat
menuntut peran pendidikan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki
kemampuan dan intelektual tinggi. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan
mutu pendidikan matematika adalah dengan menerbitkan Peraturan Menteri Pendi-
dikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2006 yang menekankan bahwa melalui
pembelajaran matematika dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Salah
satu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pendekatan matematika realistik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui melalui pendekatan matematika realistik dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan subjek siswa kelas VII SMP Negeri 21
Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.