Abstract:
Iklan merupakan media penyampaian informasi berupa penawaran produk jasa, barang, maupun layanan. Informasi tersebut tersusun dalam pola atau struktur iklan pada umumnya. Adanya struktur ini akan memudahkan dalam pengenalan bagian-bagian khusus yang digunakan untuk komunikasi dengan masyarakat calon konsumennya. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada struktur iklan yang terdiri dari butir utama, badan iklan, dan penutup iklan.
Data yang digunakan adalah data iklan di televisi dalam bentuk penawaran produk. Data diambil dengan menggunakan teknik rekam dan catat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penggunaan bahasa pada butir utama iklan untuk menekankan keuntungan produk, pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, membangkitkan rasa ingin tahu, memberi perintah, dan menarik perhatian calon konsumen khusus. Pada struktur badan iklan menggunakan alasan subjektif dan atau objektif. Struktur yang terakhir, yaitu penutup iklan yang menggunakan teknik keras dan atau teknik lunak, serta penggunaan butir pasif.