Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan Komik
Webtoon siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek
kesastraan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dipakai dalam penelitian ini.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa baik dalam membuat cerpen berdasarkan tema dan
amanat yang terdapat dalam Komik Webtoon yang dibaca. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan
dari aspek kebahasaan berupa penggunaan ejaan dan aspek kesastraan berupa tokoh dan penokohan,
latar, alur, dan sudut pandang. Dari 32 siswa, 21 siswa (65,63%) dikategorikan baik, 10 siswa (31,25%)
dikategorikan cukup baik, dan 1 siswa (3,12%) dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut,
keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin dikategorikan baik (terampil),
dengan persentase 65,63%.