Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima dan
mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter bagi anak jalanan. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima
Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Berdirinya sekolah ini sangat membantu anak
jalanan yang ada di kota Banjarmasin untuk mendapatkan haknya yaitu dapat
mengenyam pendidikan sehingga mereka tidak lagi menjadi anak di jalanan karena mereka didik
dan dibina di sekolah ini. Pelaksanaan pendidikan karakter yang ada disekolah ini memberikan
dampak positif kepada peserta didik walaupun dalam memberikan pendidikan karakter tanpa ada
rencana tertulis tentang karakter yang di tanamkan.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Anak Jalanan, Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima