Abstract:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa EMORISH (elektronik modul pada materi gerak harmonik
sederhana) yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE
dengan desain uji coba one group pre-test post-test design. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 25 orang peserta
didik kelas X program MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Penilaian mengenai kelayakan produk yang dikembangkan ditinjau
berdasarkan tiga aspek yang meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui
instrumen tes dan non-tes. Instrumen non-tes meliputi penilaian validator untuk mengukur validitas EMORISH dan
angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan EMORISH. Sementara instrumen tes meliputi penilaian hasil
belajar peserta didik saat pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas EMORISH. Analisis data diperoleh melalui
rata-rata uji validitas, rata-rata skor angket respon peserta didik, dan uji N-gain pada tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa EMORISH layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan
pemecahan masalah peserta didik.