Repo Dosen ULM

Pengembangan Emorish untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author ICHSAN MAHARDIKA, ANDI
dc.date.accessioned 2021-11-19T01:01:06Z
dc.date.available 2021-11-19T01:01:06Z
dc.date.issued 2021-11-04
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/21840
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa EMORISH (elektronik modul pada materi gerak harmonik sederhana) yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE dengan desain uji coba one group pre-test post-test design. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 25 orang peserta didik kelas X program MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Penilaian mengenai kelayakan produk yang dikembangkan ditinjau berdasarkan tiga aspek yang meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes dan non-tes. Instrumen non-tes meliputi penilaian validator untuk mengukur validitas EMORISH dan angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan EMORISH. Sementara instrumen tes meliputi penilaian hasil belajar peserta didik saat pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas EMORISH. Analisis data diperoleh melalui rata-rata uji validitas, rata-rata skor angket respon peserta didik, dan uji N-gain pada tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EMORISH layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Pengembangan Emorish untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account