Abstract:
Urgensi pendidikan saat ini menjadikan literasi sains sebagai salah
satu target capaian pembelajaran sains yang mengedepankan kemampuan
berpikir saintifik terkait isu fenomena alam. Target tersebut dapat dicapai dari
pengusungan model pembelajaran yang tepat sasaran dalam pengacuan literasi
sains sebagai aspek capaian pembelajaran. Model PBL merupakan sebuah
model yang potensial terhadap pencapaian kemampuan proses sains siswa.
Maka, penelitian ini ditujukan sebagai ulasan literatur mengenai konsep
literasi sains serta keterkaitan dengan model PBL. Penelitian ini merupakan
studi literatur dengan jenis kualitatif deskritif dengan metode pendataan
literatur, deskripsi literatur, serta perbandingan studi literatur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis PBL dinilai ideal menumbuhkan
kemampuan proses sains siswa dari proses pemecahan masalah. Potensi model
PBL ini juga dinilai cukup strategis dalam penunjangan situasi pembelajaran
online. Pendesainan model PBL yang berbasis aktivitas praktikum merupakan
inovasi yang dapat guru diterapkan untuk menunjang kemampuan proses sains
siswa yang lebih optimal.