Repo Dosen ULM

Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author HAFIZAH, ELLYNA
dc.date.accessioned 2021-09-08T03:41:44Z
dc.date.available 2021-09-08T03:41:44Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/21051
dc.description.abstract Urgensi pendidikan saat ini menjadikan literasi sains sebagai salah satu target capaian pembelajaran sains yang mengedepankan kemampuan berpikir saintifik terkait isu fenomena alam. Target tersebut dapat dicapai dari pengusungan model pembelajaran yang tepat sasaran dalam pengacuan literasi sains sebagai aspek capaian pembelajaran. Model PBL merupakan sebuah model yang potensial terhadap pencapaian kemampuan proses sains siswa. Maka, penelitian ini ditujukan sebagai ulasan literatur mengenai konsep literasi sains serta keterkaitan dengan model PBL. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan jenis kualitatif deskritif dengan metode pendataan literatur, deskripsi literatur, serta perbandingan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis PBL dinilai ideal menumbuhkan kemampuan proses sains siswa dari proses pemecahan masalah. Potensi model PBL ini juga dinilai cukup strategis dalam penunjangan situasi pembelajaran online. Pendesainan model PBL yang berbasis aktivitas praktikum merupakan inovasi yang dapat guru diterapkan untuk menunjang kemampuan proses sains siswa yang lebih optimal. en_US
dc.title Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account