Abstract:
. Urgensi pendidikan saat ini menjadikan literasi sains sebagai salah
satu target capaian pembelajaran sains yang mengedepankan kemampuan
berpikir saintifik terkait isu fenomena alam. Target tersebut dapat dicapai dari
pengusungan model pembelajaran yang tepat sasaran dalam pengacuan literasi
sains sebagai aspek capaian pembelajaran. Model PBL merupakan sebuah
model yang potensial terhadap pencapaian kemampuan proses sains siswa.
Maka, penelitian ini ditujukan sebagai ulasan literatur mengenai konsep
literasi sains serta keterkaitan dengan model PBL. Penelitian ini merupakan
studi literatur dengan jenis kualitatif deskritif dengan metode pendataan
literatur, deskripsi literatur, serta perbandingan studi literatur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis PBL dinilai ideal menumbuhkan
kemampuan proses sains siswa dari proses pemecahan masalah. Potensi model
PBL ini juga dinilai cukup strategis dalam penunjangan situasi pembelajaran
online. Pendesainan model PBL yang berbasis aktivitas praktikum merupakan
inovasi yang dapat guru diterapkan untuk menunjang kemampuan proses sains
siswa yang lebih optimal.
Kata kunci: Literasi sains, model PBL
Abstract. The urgency of education nowadays makes scientific literacy as one
of the targets for the achievement of science learning that prioritizes the
ability to think scientifically related to issues of natural phenomena. This
target can be achieved from the adoption of a learning model that referring to
scientific literacy as an aspect of learning outcomes. The PBL model is a
potential model for the achievement of students' science process abilities.
Therefore, this study objective is to intend as a literature review regarding the
concept of scientific literacy and its relationship to the PBL model. This
research type is a literature study with descriptive qualitative with the method
of collecting literature, literature descriptions, and comparison of literature
studies. The results showed that PBL-based learning was considered ideal to
grow students' science process skills from the problem-solving process. The
potential of this PBL model is also considered strategic enough in supporting
online learning situations. The design of PBL models based on practicum
activities is an innovation that teachers can apply to support students' more
optimal scientific process skills.
Keywords: literacy science, problem-based learning