Abstract:
Buku ini menjelaskan tentang strategi pembelajaran untuk anak dengan hambatan penglihatan pendengaran, lamban belajar, berkesulitan belajar dan tunagrahita. Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (student
with special needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai
dengan kebutuhan masing-masing. Dalam penyusunan progam
pembelajaran untuk setiap bidang studi hendaknya guru kelas
sudah memiliki data pribadi setiap peserta didiknya. Data pribadi
yakni berkaitan dengan karateristik spesifik, kemampuan dan
kelemahanya, kompetensi yang dimiliki, dan tingkat
perkembanganya. Karakteristik spesifik student with special needs
pada umumnya berkaitan dengan tingkat perkembangan
fungsional. Karaktristik spesifik tersebut meliputi tingkat
perkembangan sensori motor, kognitif, kemampuan berbahasa,
ketrampilan diri, konsep diri, kemampuan berinteraksi social serta
kreativitasnya.
Description:
Buku ini dapat dijadikan bahan referensi bagi dosen, para mahasiswa, dan para guru pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif yang manangani pembelajaran anak berkebutuhan khusus.