Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay) di Wisata Bukit Matang Kaladan (2) Untuk mengetahui apakah faktor pendidikan, pendapatan , jumlah anggota keluarga dan
biaya perjalanan atau travel cost mempengaruhi nilai (Willingness to Pay) Wisata Bukit
Matang Kaladan. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan yang mepengaruhi kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay) terhadap objek
wisata Bukit Matang Kaladan.Metode analisis yang digunakan adalah metode pendekatan Willingness to Pay(WTP) dan Regresi denganvariabel penelitian yaitu pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan biaya perjalanan/travel cost. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung kepada wisatawan Bukit Matang Kaladan sesuai dengan kriteria dengan menggunakan kuisioner. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode Pendekatan Willingness to Pay (WTP) dan Regresi menunjukkan menunjukkan rata-rata kesediaan membayar adalah sebesar Rp 11.260. Apabila ada peningkatan kualitas, maka rata-rata jumlah yang bersedia ditambahkan oleh responden adalah sebesar Rp 7.760 sehingga rata-rata kesediaan membayar responden untuk berwisata ke Bukit Matang Kaladan menjadi Rp 19.020. Variabel yang signifikan dalam penelitian ini yaitu pendidikan, pendapatan dan Travel Cost dan yang tidak signifikan yaitu Jumlah Anggota Keluarga. Sedangkan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu travel cost
Description:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay) di Wisata Bukit Matang Kaladan (2) Untuk mengetahui apakah faktor pendidikan, pendapatan , jumlah anggota keluarga dan
biaya perjalanan atau travel cost mempengaruhi nilai (Willingness to Pay) Wisata Bukit
Matang Kaladan. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan yang mepengaruhi kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay) terhadap objek
wisata Bukit Matang Kaladan