Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi metakognitif dengan model IKRAR pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam di kelas XI-IPA SMA Darul Hijrah Putri Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan metakognitif siswa terhadap materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- IPA dengan jumlah siswi 32 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan kualitas guru dalam aktivitas pembelajaran dari 68,67% menjadi 78,89%. (2) strategi
metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan aktivitas siswa dari 67,49% menjadi 77,92%. (3) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan persentase keberhasilan belajar siswa dari 57,48% menjadi 82,34%. (4) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR mengembangkan metakognitif siswa.
Description:
model, IKRAR, strategi metakognitif, pemecahan masalah, larutan penyangga, hidrolisis
garam.