Repo Dosen ULM

PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI-IPA SMA DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA

Show simple item record

dc.contributor.author Iriani, Rilia
dc.date.accessioned 2021-04-20T08:22:00Z
dc.date.available 2021-04-20T08:22:00Z
dc.date.issued 2014-10
dc.identifier.issn 2550-0716 (E)
dc.identifier.issn 2086-7328 (P)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19569
dc.description model, IKRAR, strategi metakognitif, pemecahan masalah, larutan penyangga, hidrolisis garam. en_US
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi metakognitif dengan model IKRAR pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam di kelas XI-IPA SMA Darul Hijrah Putri Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan metakognitif siswa terhadap materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- IPA dengan jumlah siswi 32 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan kualitas guru dalam aktivitas pembelajaran dari 68,67% menjadi 78,89%. (2) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan aktivitas siswa dari 67,49% menjadi 77,92%. (3) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR meningkatkan persentase keberhasilan belajar siswa dari 57,48% menjadi 82,34%. (4) strategi metakognitif dengan model pembelajaran IKRAR mengembangkan metakognitif siswa. en_US
dc.publisher Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 5;No. 2, Hal: 1-12
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.subject Research Subject Categories::NATURAL SCIENCES::Chemistry::Theoretical chemistry en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI-IPA SMA DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account