Abstract:
pengenalan aspek bahasa (Bahasa Inggris) pada anak usia dini belum maksimal, kebanyakan anak merasa sulit dengan Bahasa Inggris hal ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan masih abstrak dan tidak menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengenalkan aspek Bahasa (Bahasa Inggris) Anak Usia Dini Melalui Gelpitas Pada Anak kelompok B2 di TK At-tibyan Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) sebanyak empat kali pertemuan. Hasil penelitian menemukan aktivitas guru sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan dengan memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas anak dalam kegiatan kegiatan mengenal aspek bahasa (Bahasa Inggris) anak usia dini melalui kombinasi Gelpitas (Metode Gerak dan lagu, model pembelajaran Picture and picture, Model Talking Stick) terjadi peningkatan aktivitas anak dengan kategori sangat aktif. Serta hasil kemampuan anak secara individual dapat dikatakan berhasil yaitu berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Kemudian secara klasikal hasil kemampuan anak dalam mengenal aspek bahasa (Bahasa Inggris) yaitu berkembang sangat baik. Disarankan hasil penelitian ini dapat diterapkan dan dikembangkan untuk kepentingan pendidikan dalam upaya peningkatan proses kegiatan di Taman kanak-kanak khususnya dijadikan sebagai salah satu masukan sebagai kombinasi metode serta model yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini agar tercapai hasil yang optimal.