Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pembimbing mitra
sekolah terhadap siswa dari program studi bimbingan dan konseling Universitas
Lambung Mangkurat yang mengikuti praktik mengajar di sekolah berdasarkan
empat kompetensi Permendiknas Nomor 27 tahun 2008 tentang kualifikasi
akademik standar dan kompetensi konselor. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif sederhana dengan rumusan analisis persentase sederhana
dengan 39 responden dari 14 sekolah mitra. Hasil penelitian menempatkan
kompetensi profesional kompetensi profesional sebagai kompetensi yang dianggap
tertinggi (64,6%) dan tiga kompetensi lainnya berada pada posisi kategori baik.
Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa administrator Program Studi
Bimbingan dan Konseling bersama dengan guru bimbingan sekolah mitra dapat
meningkatkan proses pendidikan, karena hasil penelitian ini benar-benar
menunjukkan gambaran proses pendidikan bimbingan dan konseling.