Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Persepsi mahasiswa dalam penelitian ini di fokuskan terkait persepsi mahasiswa disabilitas terhadap kinerja volunter dalam hal pendampingan dikelas, pendampingan dalam mengerjakan tugas, pendampingandalam administrasi kampus, serta pendampingan dalam kegiatan kemahasiswaan. Persepsi mahasiswa disabilitas kemudian diharapkan menjadi masukan atau tolok ukur program studi pendidikan luar biasa dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa disabilitas sesuai kondisi dan kebutuhannya, guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang ideal tanpa diskriminasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karea volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang jugaharus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas.
Description:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Persepsi mahasiswa dalam penelitian ini di fokuskan terkait persepsi mahasiswa disabilitas terhadap kinerja volunter dalam hal pendampingan dikelas, pendampingan dalam mengerjakan tugas, pendampingandalam administrasi kampus, serta pendampingan dalam kegiatan kemahasiswaan. Persepsi mahasiswa disabilitas kemudian diharapkan menjadi masukan atau tolok ukur program studi pendidikan luar biasa dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa disabilitas sesuai kondisi dan kebutuhannya, guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang ideal tanpa diskriminasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karea volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang jugaharus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas.