Repo Dosen ULM

Persepsi Mahasiswa DisabilitasTerhadap Kinerja Volunteer

Show simple item record

dc.contributor.author Mirnawati, Mirnawati
dc.contributor.author Hayatun, Thaiibah
dc.date.accessioned 2020-12-30T02:19:53Z
dc.date.available 2020-12-30T02:19:53Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn -
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18671
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Persepsi mahasiswa dalam penelitian ini di fokuskan terkait persepsi mahasiswa disabilitas terhadap kinerja volunter dalam hal pendampingan dikelas, pendampingan dalam mengerjakan tugas, pendampingandalam administrasi kampus, serta pendampingan dalam kegiatan kemahasiswaan. Persepsi mahasiswa disabilitas kemudian diharapkan menjadi masukan atau tolok ukur program studi pendidikan luar biasa dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa disabilitas sesuai kondisi dan kebutuhannya, guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang ideal tanpa diskriminasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karea volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang jugaharus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas. en_US
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Persepsi mahasiswa dalam penelitian ini di fokuskan terkait persepsi mahasiswa disabilitas terhadap kinerja volunter dalam hal pendampingan dikelas, pendampingan dalam mengerjakan tugas, pendampingandalam administrasi kampus, serta pendampingan dalam kegiatan kemahasiswaan. Persepsi mahasiswa disabilitas kemudian diharapkan menjadi masukan atau tolok ukur program studi pendidikan luar biasa dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa disabilitas sesuai kondisi dan kebutuhannya, guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang ideal tanpa diskriminasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karea volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang jugaharus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Khusus en_US
dc.relation.ispartofseries Universitas Lambung Mangkurat;1
dc.subject persepsi en_US
dc.subject mahasiswa disabilitas en_US
dc.subject kinerja volunteer en_US
dc.title Persepsi Mahasiswa DisabilitasTerhadap Kinerja Volunteer en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account