Abstract:
Pentingnya berargumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika berbanding terbalik dengan keterampilan argumentasi yang dimiliki siswa. Untuk mengatasi hal demikian maka dilakukan penelitian untuk mengembangkan keterampilan berargumentasi ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan argumentasi siswa dalam pembelajaran fisika, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model inkuiri berbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan desain one group pretest posttest design. Subyek penelitian adalah siswa SMA Kelas XI-Matematika dan Ilmu Alam sebanyak 21 siswa dan Guru Fisika SMA Kelas XI. Data diperoleh melalui tes argumentasi ilmiah dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis gain score, persentase dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terlaksana dengan sangat baik efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran fisika.