Repo Dosen ULM

Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquri Termbimbing

Show simple item record

dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.contributor.author Fitriah
dc.contributor.author Zainuddin
dc.date.accessioned 2020-11-15T23:39:00Z
dc.date.available 2020-11-15T23:39:00Z
dc.date.issued 2015-10-01
dc.identifier.citation Mahardika, Andi Ichsan. Fitriah. Zainuddin. 2015. Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquri Termbimbing. Jurnal Vidya Karya Pendidikan. Jilid 7, Nomor 7, 2015, hal 755-762 en_US
dc.identifier.issn 0215-9619
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18342
dc.description.abstract Pentingnya berargumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika berbanding terbalik dengan keterampilan argumentasi yang dimiliki siswa. Untuk mengatasi hal demikian maka dilakukan penelitian untuk mengembangkan keterampilan berargumentasi ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan argumentasi siswa dalam pembelajaran fisika, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model inkuiri berbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan desain one group pretest posttest design. Subyek penelitian adalah siswa SMA Kelas XI-Matematika dan Ilmu Alam sebanyak 21 siswa dan Guru Fisika SMA Kelas XI. Data diperoleh melalui tes argumentasi ilmiah dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis gain score, persentase dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terlaksana dengan sangat baik efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran fisika. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Vidya Karya Jurnal Pendidikan en_US
dc.relation.ispartofseries 27;7
dc.subject Keterampilan Berargumentasi Ilmiah en_US
dc.subject Model Inquiri Terbimbing en_US
dc.title Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquri Termbimbing en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account