Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui konsistensi dari strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa terhadap teori kinetik gas matakuliah termodinamika. Penelitian ini merupakan tahapan implementasi dari model pembelajaran langsung dengan strategi argumentasi. Implementasi dilakukan pada 66 mahasiswa pendidikan fisika dari dua kelas yang memprogramkan matakuliah termodinamika sebagai subjek penelitian. Untuk melihat konsistensi efektivitas dari strategi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep dilakukan uji t independen terhadap hasil analisis normalized gain score dari skor pre-test post-test untuk kedua kelas. Hasil analisis N-gain untuk kedua kelas berada pada ketegori sedang dengan nilai N-Gain untuk kelas pertama dan kedua masing-masing adalah 0,64 dan 0,58. Uji t independen terhadap hasil N-gain memperlihatkan bahwa nilai t-hitung sebesar 1,61 dan nilai t-kritis sebesar 1,99. Karena nilai t-hitung lebih kecil dari pada nilai t-kritis berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar dengan strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung untuk kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung konsisten dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada matakuliah termodinamika terhadap teori kinetik gas.