Repo Dosen ULM

Konsistensi Efektivitas dari Strategi Argumentasi dalam Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa terhadap Teori Kinetik Gas

Show simple item record

dc.contributor.author Arifuddin, Muhammad
dc.contributor.author Mastuang
dc.contributor.author Salam, Abdul
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2020-11-15T23:38:09Z
dc.date.available 2020-11-15T23:38:09Z
dc.date.issued 2018-03-24
dc.identifier.isbn 978-602-6483-63-8
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18333
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui konsistensi dari strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa terhadap teori kinetik gas matakuliah termodinamika. Penelitian ini merupakan tahapan implementasi dari model pembelajaran langsung dengan strategi argumentasi. Implementasi dilakukan pada 66 mahasiswa pendidikan fisika dari dua kelas yang memprogramkan matakuliah termodinamika sebagai subjek penelitian. Untuk melihat konsistensi efektivitas dari strategi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep dilakukan uji t independen terhadap hasil analisis normalized gain score dari skor pre-test post-test untuk kedua kelas. Hasil analisis N-gain untuk kedua kelas berada pada ketegori sedang dengan nilai N-Gain untuk kelas pertama dan kedua masing-masing adalah 0,64 dan 0,58. Uji t independen terhadap hasil N-gain memperlihatkan bahwa nilai t-hitung sebesar 1,61 dan nilai t-kritis sebesar 1,99. Karena nilai t-hitung lebih kecil dari pada nilai t-kritis berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar dengan strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung untuk kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi argumentasi dalam pembelajaran langsung konsisten dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada matakuliah termodinamika terhadap teori kinetik gas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika ULM en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.subject Pengajaran Langsung en_US
dc.subject Strategi Argumentasi en_US
dc.title Konsistensi Efektivitas dari Strategi Argumentasi dalam Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa terhadap Teori Kinetik Gas en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account