Abstract:
Pengembangan ahan ajar topik teori kinetik gas pada mata kuliah termodinamika untuk melatihkan penalaran proporsional dalam setting pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh Bahan Ajar topik Teori Kinetik Gas yang dapat melatihkan penalaran proporsional mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dalam lima tahap melalui model penelitian Wademan dan McKenney dengan subjek penelitian adalah bahan ajar sedangkan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil validasi yang diperoleh dari dua orang ahli diperoleh bahwa bahan ajar yang dikembangan telah berkategori valid. Hasil implementasi pada 20 orang mahasiswa menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi kriteria praktis dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan untuk melatihkan penalaran proporsional dengan menggunakan model pengajaran langsung pada teori kinetik gas telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.