Abstract:
ABSTRAK
Perawat bekerja secara professional di rumah sakit untuk memberikan pelayanan keperawatan
sehingga pasien merasa puas dengan pekerjaan perawat. Namun kepuasan perawat terkait
pekerjaan di rumah sakit di Indonesia masih rendah. Rendahnya kepusan perawat banyak
dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya penjadwalan dinas perawat. Penjadwalan dinas
merupakan pengaturan dan pengalokasian waktu yang tersedia untuk melaksukan tugas dari
pekerjaan perawat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara penjadwalan dinas
perawat terhadap kepuasan kerja perawat di rumah sakit Y Jakarta. Metode penelitian ini
menggunakan desain cross-sectional. Jumlah sampel adalah 32 perawat (n=32) melalui tehnik
stratified random sampling. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Y Jakarta. Kriteria inklusi
meliputi perawat pelaksana, minimal 1 tahun bekerja di ruang rawat inap kelas III, dan bersedia
menjadi responden. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil menunjukkan bahwa
rata-rata kepuasan perawat sebesar 73, sedangkan penjadwalan dinas perawat sebesar 90,29. Hasil
ini memperlihatkan bahwa kepuasan perawat masih di bawah standar pelayanan minimal (SPM).
Hasil ini juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penjadwalan dinas
perawat terhadap kepuasan perawat (p= 0,040; r= 0,349). Kesimpulan penelitian ini adalah
hubungan yang signifikan antara penjadwalan dinas dengan kepuasan kerja perawat di rumah sakit
Y Jakarta. Rekomendasi diberikan kepada Kepala ruangan untuk berlaku adil dalam membuat
jadwal dinas. Manajer rumah sakit juga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan perawat dengan
pembuatan kebijakan penjadwalan dinas dengan tepat.
Kata-kata kunci: kepuasan kerja, penjadwalan dinas perawat, perawat