Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran generatif untuk materi
fluida statis terintegrasi dalam ayat-ayat Al-Qur'an, dalam hal validitas, kepraktisan, dan efektivitas.
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Banjarmasin yang berjumlah 31 siswa. Data diperoleh dari
lembar validasi, lembar implementasi rencana pelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Hasil yang
diperoleh adalah 1) validitas modul kategori valid pada level baik, dengan aspek penampilan dan
penyusunan kategori valid, validitas rencana pelajaran dikategorikan valid, dan validitas tes hasil
belajar dalam kategori valid, 2) kepraktisan modul berdasarkan lembar implementasi rencana
pembelajaran yang diperoleh dengan kategori baik, dan 3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil
belajar siswa yang diperoleh dengan kategori sedang. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran
generatif terintegrasi bahan fluida statis ayat-ayat Alquran cocok untuk digunakan dalam
pembelajaran.
Kata kunci: Modul, ayat-ayat Al-Qur’an, model pembelajaran generatif, dan fluida statis.