Repo Dosen ULM

Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an

Show simple item record

dc.contributor.author ZAINUDDIN, ZAINUDDIN
dc.date.accessioned 2020-09-10T11:54:01Z
dc.date.available 2020-09-10T11:54:01Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.issn E-ISSN: 2407-1536 P-ISSN: 2089-2802
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17924
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran generatif untuk materi fluida statis terintegrasi dalam ayat-ayat Al-Qur'an, dalam hal validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Banjarmasin yang berjumlah 31 siswa. Data diperoleh dari lembar validasi, lembar implementasi rencana pelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh adalah 1) validitas modul kategori valid pada level baik, dengan aspek penampilan dan penyusunan kategori valid, validitas rencana pelajaran dikategorikan valid, dan validitas tes hasil belajar dalam kategori valid, 2) kepraktisan modul berdasarkan lembar implementasi rencana pembelajaran yang diperoleh dengan kategori baik, dan 3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil belajar siswa yang diperoleh dengan kategori sedang. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran generatif terintegrasi bahan fluida statis ayat-ayat Alquran cocok untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Modul, ayat-ayat Al-Qur’an, model pembelajaran generatif, dan fluida statis. en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains en_US
dc.subject Physics Education en_US
dc.title Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account