Abstract:
Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi key success factor (KSFs) industri jual beli
besi bekas Kelurahan Kuin Cerucuk Banjarmasin dan aktivitas rantai nilai (value chain)
terhadap keunggulan kompetitif pada UD. Multi Baja. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, pimpinan, dan karyawan UD. Multi
Baja Kelurahan Kuin Cerucuk Banjarmasin yang berjumlah 11 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah metode sensus yang berarti seluruh anggota populasi
digunakan sebagai sampel. Data sekunder dan primer yang dianalisis adalah profil
perusahaan UD. Multi Baja, rantai nilai (value chain), analisis industri dan keunggulan
kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas rantai nilai (value chain) UD. Multi
Baja yang menjadi sumber keunggulan kompetitif yang terdapat dalam aktivitas-aktivitas
perusahaan yaitu, penggerak-penggerak biaya (cost drivers) yang terdapat dalam aktivitas
logistik ke dalam, operasi, infrastruktur perusahaan, pemasaran dan penjualan. Key success
factor (KSFs) industri jual beli besi bekas terdiri dari elemen, skala ekonomi berupa atribut
produk, saluran distribusi dan kemampuan modal kerja berpengaruh terhadap keunggulan
kompetitif industri jual beli besi bekas. Sedangkan sumber daya manusia dan teknologi
berpengaruh sedang. Keunggulan kompetitif ini diperoleh dari diterapkannya strategi biaya
rendah dan diferensiasi yang terintegrasi. Kata Kunci : rantai nilai, key success factor (KSFs), keunggulan kompetitif