Abstract:
Media Monopoly Games Berbasis Muatan Lokal dapat digunakan untuk memudahkan siswa kelas IV dalam keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media Monopoly Games Berbasis Muatan Lokal terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental. Adapun penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu kelas IV SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin dengan pembagian kelas IVA sebagai kelas kontrol, kelas IVB sebagai kelas eksperimen I dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media Monopoli Games Berbasis Muatan Lokal terhadap keterampilan berbicara dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta (2) besarnya perbedaan pengaruh penggunaan media Monopoli Games Berbasis Muatan Lokal terhadap keterampilan berbicara dengan nilai gain score sebesar 6,242 pada kelas eksperimen I dan 6,144 pada kelas eksperimen II.