Noorhapizah, Noorhapizah; Nur'alim, Nur'alim; Agusta, Akhmad Riandy; Fauzi, Zain Ahmad
Description:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar serta
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterampilan membaca pemahaman
menggunakan kombinasi model DIA, TPS dan Scramble dalam kegiatan pembelajaran. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin tahun ajaran
2018/2019 berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)
Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru terlaksana dengan sangat baik. (2) Aktivitas siswa secara
klasikal mendapatkan kriteria “hampir seluruh siswa sangat aktif”. (3) Kemampuan berpikir kritis
siswa berhasil meningkat hingga mendapatkan persentase klasikal 90% dengan kriteria “hampir
seluruh siswa sangat kritis”. (4) Hasil belajar siswa secara individu semua tuntas sehingga
mendapatkan persentase klasikal 100%.