Description:
Penelitian ini akan mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar sebagai dampak dari implementasi Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together, dan Make A Match. Penelitian Tindakan Kelas digunakan pada penelitian ini dengan sasaran penelitian siswa Kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan selama penelitian berbentuk lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes dan non tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat kriteria baik, hasil yang didapatkan terus meningkat hingga pertemuan IV yang mendapat kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I terdapat 52,18% siswa yang mendapatkan kriteria sangat aktif, hasil yang didapatkan terus meningkat hingga pertemuan IV terdapat 91,30% siswa mendapatkan kriteria sangat aktif . Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan I mencapai 60,87%, hasil belajar siswa yang mendapatkan kriteria tuntas secara klasikal terus meningkat hingga pertemuan IV mencapai 91,30%. Simpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian ialah bahwa implementasi kombinasi model PBL, NHT, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa