Repo Dosen ULM

Meningkatkan aktivitas belajar siswa tema daerah tempat tinggalku muatan PPKn materi keragaman karakteristik individu menggunakan kombinasi model problem based learning (PBL), numbered heads together (NHT) dan Make a match pada kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasi

Show simple item record

dc.creator Fauzi, Zain Ahmad
dc.creator Rahima, Line
dc.creator Asniwati, Asniwati
dc.date 2020-01-28
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:04:25Z
dc.date.available 2020-06-15T04:04:25Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8279/1/Prosiding%20nasional%201.pdf
dc.identifier Fauzi, Zain Ahmad and Rahima, Line and Asniwati, Asniwati (2020) Meningkatkan aktivitas belajar siswa tema daerah tempat tinggalku muatan PPKn materi keragaman karakteristik individu menggunakan kombinasi model problem based learning (PBL), numbered heads together (NHT) dan Make a match pada kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasi. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5 (1). ISSN 2648-6698
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13648
dc.description Penelitian ini akan mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar sebagai dampak dari implementasi Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together, dan Make A Match. Penelitian Tindakan Kelas digunakan pada penelitian ini dengan sasaran penelitian siswa Kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan selama penelitian berbentuk lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes dan non tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat kriteria baik, hasil yang didapatkan terus meningkat hingga pertemuan IV yang mendapat kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I terdapat 52,18% siswa yang mendapatkan kriteria sangat aktif, hasil yang didapatkan terus meningkat hingga pertemuan IV terdapat 91,30% siswa mendapatkan kriteria sangat aktif . Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan I mencapai 60,87%, hasil belajar siswa yang mendapatkan kriteria tuntas secara klasikal terus meningkat hingga pertemuan IV mencapai 91,30%. Simpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian ialah bahwa implementasi kombinasi model PBL, NHT, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dc.format text
dc.relation https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/638
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8279/
dc.subject L Education (General)
dc.title Meningkatkan aktivitas belajar siswa tema daerah tempat tinggalku muatan PPKn materi keragaman karakteristik individu menggunakan kombinasi model problem based learning (PBL), numbered heads together (NHT) dan Make a match pada kelas IV SDN Pekauman 3 Banjarmasi
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account