Description:
Media pembelajaran berupa alat peraga yang belum digunakan secara maksimal danbelum terintegrasi secara keseluruhan dengan beberapa fungsi percobaan yang dikemas secararapi menjadi satu. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan alat peraga tekananuntuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ditujukan untuk menghasilkan alatperaga tekanan dan mendeksripsikan kelayakan yang meliputi: 1) validitas alat peraga dilihatdari penilaian validator, 2) kepraktisan alat peraga dilihat dari respon siswa, 3) efektivitas alatperaga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, dan 4) pencapaian keterampilanproses sains siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan modelpengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)dengan subjek uji coba pada 32 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 11 Banjarmasin. Teknik analisisdata menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas alatperaga termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 4.44, 2) kepraktisan alat peragatermasuk dalam kategori praktis dengan skor 76.6, 3) efektivitas alat peraga termasuk kategorisangat efektif dengan N-Gain 0.71, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains siswa termasukkategori sangat baik dengan rata-rata 85.79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga layakdigunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII.