Repo Dosen ULM

Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains

Show simple item record

dc.creator WATI, MUSTIKA
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:03:17Z
dc.date.available 2020-06-15T04:03:17Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/7298/1/Pengembangan_Alat_Peraga_Pada_Materi_Tekanan_untuk_Siswa_SMP_dalam_Melatihkan_Keterampilan_Proses_Sains.pdf
dc.identifier WATI, MUSTIKA Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13111
dc.description Media pembelajaran berupa alat peraga yang belum digunakan secara maksimal danbelum terintegrasi secara keseluruhan dengan beberapa fungsi percobaan yang dikemas secararapi menjadi satu. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan alat peraga tekananuntuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ditujukan untuk menghasilkan alatperaga tekanan dan mendeksripsikan kelayakan yang meliputi: 1) validitas alat peraga dilihatdari penilaian validator, 2) kepraktisan alat peraga dilihat dari respon siswa, 3) efektivitas alatperaga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, dan 4) pencapaian keterampilanproses sains siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan modelpengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)dengan subjek uji coba pada 32 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 11 Banjarmasin. Teknik analisisdata menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas alatperaga termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 4.44, 2) kepraktisan alat peragatermasuk dalam kategori praktis dengan skor 76.6, 3) efektivitas alat peraga termasuk kategorisangat efektif dengan N-Gain 0.71, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains siswa termasukkategori sangat baik dengan rata-rata 85.79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga layakdigunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII.
dc.format text
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/5806
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/7298/
dc.subject L Education (General)
dc.title Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account