Description:
Media pembelajaran berupa alat peraga yang belum digunakan secara maksimal dan
belum terintegrasi secara keseluruhan dengan beberapa fungsi percobaan yang dikemas secara
rapi menjadi satu. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan alat peraga tekanan
untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ditujukan untuk menghasilkan alat
peraga tekanan dan mendeksripsikan kelayakan yang meliputi: 1) validitas alat peraga dilihat
dari penilaian validator, 2) kepraktisan alat peraga dilihat dari respon siswa, 3) efektivitas alat
peraga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, dan 4) pencapaian keterampilan
proses sains siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)
dengan subjek uji coba pada 32 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 11 Banjarmasin. Teknik analisis
data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas alat
peraga termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 4.44, 2) kepraktisan alat peraga
termasuk dalam kategori praktis dengan skor 76.6, 3) efektivitas alat peraga termasuk kategori
sangat efektif dengan N-Gain 0.71, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains siswa termasuk
kategori sangat baik dengan rata-rata 85.79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga layak
digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII.