Repo Dosen ULM

Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains

Show simple item record

dc.creator Dewi, Ayu Rusmala
dc.creator WATI, MUSTIKA
dc.creator Mastuang, Mastuang
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:58Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:58Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6758/1/Pengembangan_Alat_Peraga_Pada_Materi_Tekanan_untuk_Siswa_SMP_dalam_Melatihkan_Keterampilan_Proses_Sains.pdf
dc.identifier Dewi, Ayu Rusmala and WATI, MUSTIKA and Mastuang, Mastuang Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12959
dc.description Media pembelajaran berupa alat peraga yang belum digunakan secara maksimal dan belum terintegrasi secara keseluruhan dengan beberapa fungsi percobaan yang dikemas secara rapi menjadi satu. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan alat peraga tekanan untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ditujukan untuk menghasilkan alat peraga tekanan dan mendeksripsikan kelayakan yang meliputi: 1) validitas alat peraga dilihat dari penilaian validator, 2) kepraktisan alat peraga dilihat dari respon siswa, 3) efektivitas alat peraga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan subjek uji coba pada 32 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 11 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas alat peraga termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 4.44, 2) kepraktisan alat peraga termasuk dalam kategori praktis dengan skor 76.6, 3) efektivitas alat peraga termasuk kategori sangat efektif dengan N-Gain 0.71, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains siswa termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 85.79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII.
dc.format text
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6758/
dc.subject QC Physics
dc.title Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatihkan Keterampilan Proses Sains
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account