Description:
Kurangnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam
persoalan fisika berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan SAVI
dengan model pengajaran langsung. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan:
1) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 2) peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I
dan siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP dengan pendekatan SAVI dalam model
pengajaran langsung dengan kategori sangat baik; 2) Kemampuan pemecahan masalah
siswa meningkat dari skor 48 yang berkategori cukup baik menjadi 73 yang berkategori
baik, serta telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 85,29 %. Diperoleh simpulan bahwa
melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: Pengajaran langsung, SAVI, kemampuan pemecahan masalah