Repo Dosen ULM

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung

Show simple item record

dc.creator Thersia, Vita
dc.creator Arifuddin, Muhammad
dc.creator Misbah, Misbah
dc.date 2019
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:57Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:57Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6754/1/artikel_misbah_dkk_712019.pdf
dc.identifier Thersia, Vita and Arifuddin, Muhammad and Misbah, Misbah (2019) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 07 (01). ISSN ISSN 2337-604X (print) ISSN : 2549-2764 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12952
dc.description Kurangnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam persoalan fisika berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP dengan pendekatan SAVI dalam model pengajaran langsung dengan kategori sangat baik; 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari skor 48 yang berkategori cukup baik menjadi 73 yang berkategori baik, serta telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 85,29 %. Diperoleh simpulan bahwa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Pengajaran langsung, SAVI, kemampuan pemecahan masalah
dc.format text
dc.publisher Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://https//ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/5638/pdf
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6754/
dc.subject QC Physics
dc.title Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account