Description:
Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Di Era Abad 21. Perbedaan karakteristik peserta didik pada abad sebelum 21 dan abad
21 tentunya berdampak pada pendekatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, agar mampu memfasilitasi kebutuhan tiap peserta didik dalam belajar. Fakta ini menuntut guru (PJOK) untuk segera menyesuaikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Alternatif jawaban dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontemporer yang berorientasi pada konstruktivisme khusus pada mata pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan (PJOK) di abad 21 ini dengan sebaik-baiknya. Maka dampak langsung yang dirasakan oleh peserta didik, peserta didik akan merasakan menjadi orang yang di orangkan oleh guru. Mengapa demikian...? karena dalam pendekatan yang berorientasi pada siswa, siswa merasa dilibatkan secara langsung, dihargai dan digali potensinya dan dibimbing untuk mendapatkan pengetahuannya sendiri olah guru, guru hanya merencanakan, mendampingi, mengarahkan dan memfasilitasi siswa dalam belajar mengurangi keterlibatan sebagai pengajar tetapi sebagai pembelajar.
Dengan pergesaran peran guru yang semacam ini sehingga siswa merasa dihargai atau diorangkan oleh guru, siswa digali potensi dan kemampuannya serta diberi kebebasan dalam menuangkan dan mengepresikan konsep dan pengetahuannya dalam pembelajaran yang dirancang oleh guru. Kalau siswa merasa dilibatkan secara total dan dihargai oleh guru dalam pembelajaran maka dengan sendirinya akan muncul dan tertanam sikap kemandirian, kreativitas dan tanggung jawab. Akhirnya akan mampu membantu guru dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang direncanakan oleh guru.
Kelebihan inilah yang dipandang akan berdampak pada perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. Namun sebagai catatan, untuk mewujudkan dan menerapkan proses
pembelajaran dengan berorientasi pendekatan pada siswa (student centered) di abad 21 ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi membutuhkan kesungguhan dari guru sebagai ujung tombak di sekolah, pemerintah sebagai unsur kontroling dan evaluasi. Kesemuanya harus saling bahu membahu dan saling bekerja sama dengan baik untuk
betul-betul komitmen menjalankan.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, PJOK, Abad 21