Repo Dosen ULM

PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI ERA ABAD 21

Show simple item record

dc.creator Mashud, Mashud
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:22Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:22Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6091/1/A4.%20ERA%20ABAD%2021.pdf
dc.identifier Mashud, Mashud PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI ERA ABAD 21. Jurnal Multilateral. ISSN 1412-3428
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12665
dc.description Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Era Abad 21. Perbedaan karakteristik peserta didik pada abad sebelum 21 dan abad 21 tentunya berdampak pada pendekatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, agar mampu memfasilitasi kebutuhan tiap peserta didik dalam belajar. Fakta ini menuntut guru (PJOK) untuk segera menyesuaikan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Alternatif jawaban dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontemporer yang berorientasi pada konstruktivisme khusus pada mata pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan (PJOK) di abad 21 ini dengan sebaik-baiknya. Maka dampak langsung yang dirasakan oleh peserta didik, peserta didik akan merasakan menjadi orang yang di orangkan oleh guru. Mengapa demikian...? karena dalam pendekatan yang berorientasi pada siswa, siswa merasa dilibatkan secara langsung, dihargai dan digali potensinya dan dibimbing untuk mendapatkan pengetahuannya sendiri olah guru, guru hanya merencanakan, mendampingi, mengarahkan dan memfasilitasi siswa dalam belajar mengurangi keterlibatan sebagai pengajar tetapi sebagai pembelajar. Dengan pergesaran peran guru yang semacam ini sehingga siswa merasa dihargai atau diorangkan oleh guru, siswa digali potensi dan kemampuannya serta diberi kebebasan dalam menuangkan dan mengepresikan konsep dan pengetahuannya dalam pembelajaran yang dirancang oleh guru. Kalau siswa merasa dilibatkan secara total dan dihargai oleh guru dalam pembelajaran maka dengan sendirinya akan muncul dan tertanam sikap kemandirian, kreativitas dan tanggung jawab. Akhirnya akan mampu membantu guru dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Kelebihan inilah yang dipandang akan berdampak pada perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. Namun sebagai catatan, untuk mewujudkan dan menerapkan proses pembelajaran dengan berorientasi pendekatan pada siswa (student centered) di abad 21 ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi membutuhkan kesungguhan dari guru sebagai ujung tombak di sekolah, pemerintah sebagai unsur kontroling dan evaluasi. Kesemuanya harus saling bahu membahu dan saling bekerja sama dengan baik untuk betul-betul komitmen menjalankan. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, PJOK, Abad 21
dc.format text
dc.publisher JPOK FKIP ULM
dc.relation https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6091/
dc.subject AI Indexes (General)
dc.subject L Education (General)
dc.title PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI ERA ABAD 21
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account