Description:
Abstrak. Seseorang dapat berinteraksi dengan adanya komunikasi, komunikasi dapat terjalin dengan baik karena cukupnya perbendaharaan kata yang dimilikinya. Permasalahan yang terdapat pada siswa tunarungu kurang dengar adalah miskinnya perbendaharaan kata yang dimilikinya, hal tersebut membuat siswa tidak mengetahui nama-nama dari benda disekitar lingkungannya bahkan tidak mampu mengucapkannya. Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa tunarungu kurang dengar, media tersebut merupakan media yang inovatif, kreatif dan menyenangkan agar bisa menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian time series design (O1 O2 O3 O4 X O5 O6 O7 O8) yang terdiri dari pre test yaitu pemberian tes sebelum diberikan perlakuan, treatmen yakni menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dan post test yaitu pemberian tes setelah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kurang dengar kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin yang berinisial Nn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket validasi, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal, lembar angket validasi, observasi dan alat dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap perbendaharaan kata siswa tunarungu yang berinisial NN kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin. Adapun hasil pre test (O1=1)+(O2=2)+(O3=4)+(O4=4)= 11 yang menunjukkan hasil kemampuan awal anak masih rendah. Pada ke 3 kali treatmen menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia terbukti motivasi siswa, keaktifan siswa dan tanggung jawab siswa tinggi. Hal ini terbukti dengan hasil post test (O5=20)+(O6=22)+(O7=25)+(O8=28)= 95, yang menunjukkan hasil kemampuan yang meningkat. Kesimpulan dalam peneitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia dapat berpengaruh positif pada kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kurang dengar kelas asar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin.
Kata kunci: pembelajaran berbasis multimedia, perbendaharaan kata, siswa tunarungu